Sabtu, 29 November 2014

4 Tahap Dasar Perencanaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini  biasanya bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donut, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donut yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut yang berbahan baku menggunakan tepung terigu.

Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha dibidang donut, namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang.Dengan kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donut kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para konsumen kami.Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat, karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu cemilan donut yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donut kami jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.


BAB II
ISI BUSINESS PLAN

2.1   Visi & Misi

        Visi
            Mebuat makanan yang terjangkau dan menjaga kualitas produk demi para konsumen serta ingin menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri
          Misi
·         Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan berkualitas.
·          Memproduksi makanan dengan harga yang terjangkau
·         Menjaga kesterilan makanan
·           Membuat suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.


2.2       IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha     : Sigit Donut
·         Pemilik Usaha   : Seta Budi Prasetyo
·         Alamat Usaha    : Jl. Baret Biru 3

2.3      RUANG LINGKUP USAHA
                                  Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam satu toko saja , tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk ini yang kami produksi dapat di nikmati oleh semua kalangan.
                                  Tujuan usaha           :
1.    Mendapatkan penghasilan
2.    Memenuhi kebutuhan konsumen
3.    Menggali bakat dalam berbisnis

2.4    RENCANA ORGANISASI
Manajemen   :           1 Orang
Produksi        :           3 Orang
Pemasaran    :           3 Orang
Keuangan     :           1 Orang
Dan tingkat pendidikan MIN Sekolah Menengah Atas


Kompetensi SDM     :
·        CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan
·        General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan
·        Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perushaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan
·        Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan
·        Marketing Manajer
Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media
 


BAB III
ANALISIS USAHA
3.1    Analisis Usaha
                                    Usaha kami bergerak dalam bidang kuliner karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner. Donat dapat kita jumpai di Indonesia dengan mudah. Jadi kami sepakat untuk membuat donat.
                         Awal di bentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat
masyarakat akan makan/minuman yang menyehatkan dan dengan harga terjangkau.

3.2    Modal Usaha
Modal Usaha kami berjumlah Rp.83.725.000  yang berasal dari modal sendiri

3.3    Keistimewaan Produk
Produk yang kami tawarkan adalah Donat kentang dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
•         Makanan yang disajikan secara praktis dan ekonomis
•         Dapat dijadikan snack
•         Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
•         Memiliki rasa yang unik.



BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1    Jenis Usaha
Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk donut kentang yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam toping dan isi didalam donut kentang kami menjadi menu utama.Donut kentang sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari sayuran jadi donut kentang ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Jakarta yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donut Kentang” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.


4.2    Prospek Usaha
 Dengan begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donut karena kita tahu donut dapat menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut. Selain itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan lain diluar. Melihat kondisi diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan donut kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.

 
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi kami dalam jangka 1 hari sebesar 1000 pcs donat kentang

5.1    Bahan Baku dan Penggunaannya 
Bahan-bahan untuk membuat donat kentang :
1.    500 gram tepung terigu protein tinggi
2.    250 gram kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
3.    50 gram susu bubuk fullcream
4.    1 bungkus/ 11 gram ragi instant
5.    100 gram gula halus
6.    75 gram mentega
7.    ½ sdt garam
8.    4 butir kuning telur
9.    100 ml air dingin
                                 
5.2    CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :
            Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
            Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya.
Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan susu segar dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta tiramisu.Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.


BAB VI
RENCANA PERMODALAN

6.1    Modal Usaha
Modal usaha mandiri                                                          :              Rp. 83.725.000

6.2    Penentuan Harga Produksi
Biaya kantin (4xRp.500.000)                                             :              Rp. 2.000.000
Biaya listrik   (4xRp.1.000.000)                                         :               Rp.  4.000.000
Gaji karyawan (8xRp.1.612.500 )                                      :              Rp.12.900.000
Total Beban                                                                         :              Rp.18.900.000
     
Biaya Bahan                                                                     :              Rp.50.625.000      
Mesin pembuat donat (4 x Rp.1.400.000)                        :              Rp.  5.600.000
Etalase (4 x Rp. 250.000)                                                   :              Rp.  1.000.000
Kompor gas & tabung (4 x Rp.600.000)                           :              Rp.  2.400.000
Spanduk & selebaran (4 x Rp.250.000)                           :              Rp.  1.000.000
Piring, Nenampan , Wajan (4 x Rp.800.000)                  :              Rp.  3.200.000
Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu                    :              Rp.  1.000.000
Total biaya produksi                                                         :              Rp.64.825000

                        Biaya total produksi donut adalah :
                        (Rp.18.900.000+Rp64.825.000=Rp.83.725.000)

6.3    Penentuan Harga Jual
                        Harga jual donut kentang /pcs nya , yaitu sebesar Rp.3000/pcs
 



BAB VII
RENCANA PEMASARAN

7.1    Analisis Persaingan Usaha
SWOT :
         Strength
Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
         Weaknesess
Produk kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru pada konsumen.
         Opportunity
Produk  baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang menjual donut dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup besar.
         Threat
Hambatan yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.



7.2    Analisis 4P
1. Product
·         Type                 : Makanan    
·         Brand               : Sigit Donut kentang
·         Quality             : Baik

2. Price
    Price List                : Rp. 3000/pcs

3. Promotion
    Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
•  Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel gratis dari donut kentang yang kami produksi agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donut kentang. Sampel gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu ada 1 hari kita berikan sampel gratis
•   Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan tersebut membeli sebanyak 10 buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1 gelas jus gratis.
•  Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga   konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk donut kentang yang akan kita tawarkan.
           
            4. Place
        Di dekat sekolahan dan tempat wisata sehingga banyak sekali aktifitas yang dilakukan para calon pelanggan.  

 
BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI
8.1    RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.  Harga bahan bahan yang selalu mengalai turun dan naik
2.  Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3.  Tidak tercapainya terget produksi
4.  Keterlambatan pasokan bahan

8.2    ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.  Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2.  Selalu memberi Citarasa terbaik
3.  Memeriksa sebelum membeli
4.  Setiap hari di lakukannya  penulisan data penjualan

BAB IX
KESIMPULAN
Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis.
Suatu perencanaan dapat terhambat apabila tujuan yang tidak tepat , mengambil keputusan harga yang tidak melihat aspek bahan baku , dan tidak bisa menjaga kebersihan di toko tersebut .


0 komentar:

Posting Komentar