BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Cemilan atau
makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh
orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat
mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu
cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang
dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang
diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut
ialah donut, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan,
dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donut yang
diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut yang berbahan baku menggunakan
tepung terigu.
Dengan
pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha
dibidang donut, namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu
dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang.Dengan
kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donut
kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para
konsumen kami.Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat,
karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu
cemilan donut yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donut
kami jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1 Visi & Misi
Visi
Mebuat
makanan yang terjangkau dan menjaga kualitas produk demi para konsumen serta
ingin menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing
dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri
Misi
·
Mengembangkan
suatu usaha yang sudah ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut
dengan lebih sehat dan berkualitas.
·
Memproduksi makanan dengan harga yang terjangkau
·
Menjaga kesterilan makanan
·
Membuat suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing
dipasar.
2.2
IDENTIFIKASI USAHA
·
Nama
Usaha : Sigit Donut
·
Pemilik
Usaha : Seta Budi Prasetyo
·
Alamat
Usaha : Jl. Baret Biru 3
2.3 RUANG
LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis
ini masih dalam satu toko saja , tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan
karena produk ini yang kami produksi dapat di nikmati oleh semua kalangan.
Tujuan
usaha :
1. Mendapatkan
penghasilan
2. Memenuhi kebutuhan
konsumen
3. Menggali bakat dalam
berbisnis
2.4 RENCANA ORGANISASI
Manajemen : 1 Orang
Produksi : 3
Orang
Pemasaran : 3
Orang
Keuangan : 1
Orang
Dan
tingkat pendidikan MIN Sekolah Menengah Atas
Kompetensi
SDM :
·
CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu
membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan
·
General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi
perusahaan
·
Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan
perushaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan
·
Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan
diperjual belikan
·
Marketing Manajer
Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui
berbagai media
BAB
III
ANALISIS
USAHA
3.1 Analisis Usaha
Usaha kami bergerak
dalam bidang kuliner karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner.
Donat dapat kita jumpai di Indonesia dengan mudah. Jadi kami sepakat untuk
membuat donat.
Awal
di bentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat
masyarakat
akan makan/minuman yang menyehatkan dan dengan harga terjangkau.
3.2 Modal Usaha
Modal Usaha kami
berjumlah Rp.83.725.000 yang berasal
dari modal sendiri
3.3 Keistimewaan Produk
Produk yang kami
tawarkan adalah Donat kentang dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
•
Makanan yang disajikan secara praktis dan ekonomis
•
Dapat dijadikan snack
•
Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
•
Memiliki rasa yang unik.
BAB
IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
4.1 Jenis Usaha
Usaha kami
bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan
yaitu berbentuk donut kentang yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai
macam toping dan isi didalam donut kentang kami menjadi menu utama.Donut
kentang sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah ada dipasaran karena
selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal
dari sayuran jadi donut kentang ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita
rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara
langsung kepada masyarakat Jakarta yang bertempat sangat strategis dan banyak
aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para
penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan
kualitas produk dan tempat strategis “Donut Kentang” akan dapat bersaing dengan
usaha lain yang serupa.
4.2 Prospek Usaha
Dengan begitu banyaknya usaha
makanan ringan yang berbentuk donut karena kita tahu donut dapat menyentuh
setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut. Selain itu juga
didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang lain,
sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan lain diluar. Melihat
kondisi diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang
berbentuk cemilan donut kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai
macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak
calon-calon pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan
demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.
BAB
V
RENCANA
PRODUKSI
Target produksi kami
dalam jangka 1 hari sebesar 1000 pcs donat kentang
5.1 Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk
membuat donat kentang :
1.
500 gram tepung terigu protein tinggi
2.
250 gram kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
3.
50 gram susu bubuk fullcream
4.
1 bungkus/ 11 gram ragi instant
5.
100 gram gula halus
6.
75 gram mentega
7.
½ sdt garam
8.
4 butir kuning telur
9.
100 ml air dingin
5.2 CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :
Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan
ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk sampai
rata.
Masukkan kuning telur
dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan mentega dan
garam, uleni terus hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan menjadi
bulat atau sesuai selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
Jika ingin berlubang, buat lubang
kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga
kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat
donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil
digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
Angkat dan tiriskan
lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka
toping lainnya.
Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir
kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan susu segar
dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan
tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta
tiramisu.Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.
BAB
VI
RENCANA
PERMODALAN
6.1 Modal Usaha
Modal usaha mandiri :
Rp. 83.725.000
6.2 Penentuan Harga Produksi
Biaya kantin (4xRp.500.000) :
Rp. 2.000.000
Biaya listrik (4xRp.1.000.000) : Rp. 4.000.000
Gaji karyawan (8xRp.1.612.500 ) :
Rp.12.900.000
Total
Beban :
Rp.18.900.000
Biaya Bahan :
Rp.50.625.000
Mesin pembuat donat
(4 x Rp.1.400.000) :
Rp. 5.600.000
Etalase (4 x Rp.
250.000) : Rp.
1.000.000
Kompor gas &
tabung (4 x
Rp.600.000) : Rp.
2.400.000
Spanduk &
selebaran (4 x
Rp.250.000) : Rp.
1.000.000
Piring, Nenampan ,
Wajan (4 x
Rp.800.000) : Rp.
3.200.000
Plastik/Kardus
(pembungkus donat),
Tisyu : Rp. 1.000.000
Total
biaya produksi :
Rp.64.825000
Biaya
total produksi donut adalah :
(Rp.18.900.000+Rp64.825.000=Rp.83.725.000)
6.3 Penentuan Harga Jual
Harga
jual donut kentang /pcs nya , yaitu sebesar Rp.3000/pcs
BAB
VII
RENCANA
PEMASARAN
7.1 Analisis Persaingan Usaha
SWOT :
•
Strength
Kekuatan
dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran
yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita
terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang
kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi
oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
•
Weaknesess
Produk kami
merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian
konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini
tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha
yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru
pada konsumen.
•
Opportunity
Produk
baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar.
Selain itu hampir jarang produsen yang menjual donut dengan memikirkan dari
aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup
besar.
•
Threat
Hambatan yang
kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu
produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu
sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang
murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah
lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah
tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.
7.2 Analisis 4P
1. Product
·
Type : Makanan
·
Brand : Sigit Donut kentang
·
Quality : Baik
2.
Price
Price List : Rp.
3000/pcs
3.
Promotion
Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
• Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel gratis dari donut kentang yang kami
produksi agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donut kentang.
Sampel gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu
minggu ada 1 hari kita berikan sampel gratis
• Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila
pelanggan tersebut membeli sebanyak 10 buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1
gelas jus gratis.
• Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga konsumen dapat memperoleh informasi tentang
produk donut kentang yang akan kita tawarkan.
4.
Place
Di dekat sekolahan
dan tempat wisata sehingga
banyak sekali aktifitas yang dilakukan para calon pelanggan.
BAB
VIII
RESIKO
DAN ANTISIPASI
8.1 RESIKO YANG
MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1. Harga bahan bahan yang selalu mengalai turun
dan naik
2. Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3. Tidak tercapainya terget produksi
4. Keterlambatan pasokan bahan
8.2 ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.
Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2. Selalu
memberi Citarasa terbaik
3.
Memeriksa sebelum membeli
4.
Setiap hari di lakukannya
penulisan data penjualan
BAB
IX
KESIMPULAN
Perencanaan merupakan
tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi
lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini,
perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis.
Suatu perencanaan dapat
terhambat apabila tujuan yang tidak tepat , mengambil keputusan harga yang
tidak melihat aspek bahan baku , dan tidak bisa menjaga kebersihan di toko
tersebut
.
0 komentar:
Posting Komentar