Minggu, 08 November 2015

Sistem Informasi Menejemen 1 Pertemuan ke 2

Nama              : Seta Budi Prasetyo
NPM                : 3A114163
Kelas               : 2DB01

1.         Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah pendekatan sistem?
a.          Tahap persiapan
§  Pandang, suatu organisasi sebagai suatu system
§  Kenali, lingkungan dari organisasi tersebut
§  Identifikasi, subsistem-subsistem yang ada dalam organisasi  tersebut antara lain mengenai:

Area-area fungsional, masing-masing dapat dilihat sebagai suatu sistem tersendiri tingkatan manajemen yang ada, subsistem memiliki hubungan atasan bawahan dan dihubungkan oleh informasi maupun arus keputusan. Arus sumber daya, sebagai dasar pembagian perusahaan atas subsistem-subsistem.

b.       Tahap pendefinisian (identifikasi masalah)
Awalnya mencakup kesadaran bahwa suatu masalah ada atau akan ada (identifikasi masalah) dan mempelajarinya untuk mencari solusi (pemahaman masalah). Hal tersebut dirangsang oleh sinyal umpan balik yang menunjukkan bahwa terjadi hal-hal yang lebih baik atau lebih buruk dari yang direncanakan.
§    Analisa seluruh sistem, setiap tingkat dari sistem ke subsistem :
Analisis top-down untuk mengidentifikasi pemicu masalah (proble trigger) pada setiap tingkatan.
§    Analisa bagian sistem tersebut dengan urutan tertentu :
Ø Evaluasi standar yang digunakan; standar harus sah, realistis, dimengerti dan terukur.
Ø Bandingkan output sistem dengan standar yang digunakan; bila tidak sesuai evaluasi lagi standar yang digunakan.
Ø Evaluasi manajemen; analisis sistem manajemen dan struktur organisasi.
Ø Evaluasi pengolah informasi; analisis sistem informasi yg ada.
Ø Evaluasi input sistem dan input sumberdaya; analisis sistem fisik dan dari lingkungan.
Ø Evaluasi proses transformasi; analisis sistem dan prosedur, sistem dan alat yang digunakan.
Ø Evaluasi sumberdaya output; analisis sumberdaya fisik pada output

c.          Tahap Solusi
                                               i.           Identifikasi berbagai alternatif solusi, dengan :
Ø  Tukar pikiran dalam tim
Ø  Perancangan bersama
                                             ii.           Evaluasi alternatif solusi yang telah diidentifikasi
                                           iii.           Pilih solusi yang terbaik ada tiga cara yang dilakukan manajer dalam memilih alternatif terbaik :
Ø  Analisis : suatu evaluasi sistematis atas pilihan yang ada dengan mempertimbangkan keonsekuansi pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
Ø  Penilaian : merupakan proses mental dari seorang manajer.
Ø  Tawar menawar : negosiasi antara beberapa manajer.
                                           iv.           Terapkan solusi yang dipilih, masalah tidak akan terpecahkan hanya dengan memilih solusi yang terbaik. Solusi tersebut perlu diterapkan.
                                             v.           Tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi tersebut efektif.


Berdasarkan uraian rinci dari tersebut, dapat diidentifikasi syarat untuk dapat melaksanakan penyelesaian masalah dengan pendekatan sistem. Syarat tersebut yakni berupa kemampuan untuk melakukan integrasi dari sistem-sistem yang ada dalam organisasi tersebut. Adapaun model integrative dari pendekatan sistem.


2.      Sebutkan beberapa sifat pengolahan data yang membedakan dengan area aplikasi lain?
a.       Pengolahan data menjalankan tugas yang penting Pengolahan data adalah aktivitas yang diperlukan.
b.      Mengikuti prosedur standar secara relative Peraturan dan latihan yang diterima menguraikan atau menerangkan cara pengolahan data yang akan dilakukan.
c.       Menghimpun data yang detail atau lengkap . Karena record pengolahan data mengambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekonstruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audit trail.
d.      Mempunyai fokus historis yang paling utama.
e.       Memberikan informasi pemecahan masalah minimal.


3.      Berilah contoh sebuah sistem pakar atau expert system?
Sistem pakar (expert system) adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.
Contoh-contoh permasalahan yang dapat diselesaikan dengan system pakar :
a.       Interpretasi, pengambilan keputusan dari hasil observasi, termasuk : pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, intepretasi sinyal dan beberapa analisis kecerdasan lainnya.
b.      Prediksi, diantaranya : peramalan, prediksi demografis, peramalan ekonomi, prediksi lalulintas, estimasi hasil, militer, pemasaran dan keungan.
c.       Diagnosis, diantaranya : medis, elektronis, mekanis dan diagnosis perangkat lunak.
d.      Perancangan : perancangan sirkuit dan bangunan.
e.       Perencanaan, seperti : perencanaan keunagan, komunikasi, produk dan manajemen proyek.
f.       Monitoring : Computer-Aided Monotoring Sistem.
g.       Debbuging : memberikan resep obat terhadap suatu kegagalan.
h.      Instruksi, untuk diagnosis, debugging dan perbaikan kinerja.
i.        Kontrol, terhadap interpretasi, prediksi, perbaikan dan monitoring kelakuan sistem.


4.      Sebutkan perbedaan antara sistem informasi manajemen menurut Robert G murdik dan Gordon B Davis?
Menurut Robert G Murdik , Sistem informasi manajemen adalah suatu kelompok orang, seperangkat pedoman dan petunjuk, peralatan pengolah data ( seperangkat elemen ) memilih, menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data ( mengoperasikan data dan barang ) untuk mengurangi ketidakpastian pada pengambilan keputusan ( mencari tujuan bersama ) dengan menghasilkan informasi untuk manajer pada waktu mereka dapat menggunakannya dengan paling efisian ( menghasilkan informasi menurut waktu rujukan ).

Menurut Gordon B Davis , sistem informasi manajemen ( Management Information System ) seperti sistem informasi / keputusan dan sistem informasi. Dalam beberapa buku disebut Sistem Informasi bagi pimpinan, dan sebagainya. Walaupun demikian, dari beberapa pengertian dapat ditarik suatu pengertian bahwa didalam Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) terkandung pengertian sistem pengolahan informasi dalam  menunjang pelaksanaan manajemen.





Sumber :
http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5564/Modul_ke_7_sim_ptik.doc
http://lecturer.eepis-its.edu/~ira/SPK/sistem%20pakar.pdf
http://herriyance.trigunadharma.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/Bab4_AI.pdf
http://murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/34525/chapter+10.pdf
http://sauramadimas.blogspot.co.id/2014/11/sistem-informasi-manajemen-1-minggu_6.html


0 komentar:

Posting Komentar