PENULISAN JURNAL ILMIAH
Peranan sistem informasi
manajemen pada Gojek
Seta
Budi Prasetyo (3A114163)
Manajemen
Informatika, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas
Gunadarma
Jl.
Akses UI Kelapa Dua Cimanggis, Depok
E-mail
: setoprasetyo95@gmail.com
ABSTRAKSI
Pada bisnis
jasa transportasi darat khususnya ojek di Indonesia, Go-jek adalah perusahaan
jasa pertama dengan layanan berbasis mobile
dalam operasionalnya. Walaupun saat ini masih diperdebatkan mengenai sah
tidaknya Go-jek sebagai moda transportasi resmi karena ojek tidak termasuk moda
transportasi darat pada UU no.22 tahun 2009, namun tidak mempengaruhi konsumen
untuk berhenti menggunakanya, bahkan beberapa aparat pemerintah memberikan
apresiasi mengenai peluang bisnis kreatif ini. Go-jek sebagai perusahaan jasa
yang bergerak dibidang transportasi darat telah memanfaatkan sarana E-Commerce
di dalam memasarkan jasa yang dihasilkan perusahaannnya. Sarana E-Commerce tersebut
digunakan perusahaan guna mendukung strategi yang diterapkan Go-jek guna
memenangkan kompetisi di bidang usaha yang saat ini dilakukan oleh perusahaan.
Kata
kunci: mobile , Gojek ,
Transportasi
BAB I
PENDAHULUAN
PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim
pada tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi
industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek
berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama
dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah
kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver
di area Jabodetabek saja. Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya
Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal
Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah
memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial.
Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90
minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing,
free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite
food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1
juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under RP 1.000.000.
we`ll pay for it first). Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa
diunduh melalui Play Store maupun App store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini
sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang.
Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek
Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan
dapat digunakan untuk membayar semua layanan.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimanakah
peran Sistem Informasi Manajemen dalam bisnis?
2.
Bagaimanakah
implementasi Sistem Informasi Manajemen pada PT. Gojek Indonesia ?
TUJUAN
1.
Untuk mengetahui menganalisis
peran Sistem Informasi Manajemen dalam bisnis
2. Untuk mengetahui bagaimana
implementasi Sistem Informasi Manajemen pada bisnis PT. Gojek Indonesia
E-COMMERCE PADA PT GOJEK INDONESIA
Go-Jek
mengembangka satu jenis E-Commerce, yaitu Business to Customer yang dilakukan
dengan personal online booking. Fitur
E-Commerce pada Go-Jek sangat lengkap bila dibandingkan dengan fitur E-Commerce
dari moda transportasi lainnya. Go-Jek menawarkan E-Commerce terpadu yang
memungkinkan calon atau penumpang Go-Jek untuk menggunakan Jasa kurir, Jasa
transportasi, Jasa delivery makanan dan Jasa belanja. Fitur Go-Jek yang menarik
adalah penumpang bisa menggunakan Credit Go-Jek dalam setiap transaksinya jadi
lebih paktis dan yang tak kalah menarik adalah penumpang dapat memberikan
rating dan saran untuk Supir Go-Jek. Beberapa menu tersebut terdapat pada
layanan Go-Jek app yaitu :
Instant Courier
Instant Courier atau jasa pengiriman
barang, Go-Jek bisa dimanfaatkan sebagai pengiriman barang secara "real
time". Biaya yang dibayar tentu saja sesuai dengan jarak tempuh yang
secara otomatis sudah tertera di aplikasi. Baik dokumen maupun barang bisa
diantar. Dengan catatan untuk barang yang akan dikirimkan tidak boleh melebihi
dari pada jarak stang motor dan tinggi pengemudi. Go-Jek memberikan penawaran
waktu yang cukup cepat untuk pengiriman barang yaitu 90 menit sampai dimanapun
asalkan masih didalam kota.
Transport
Transport atau jasa transportasi,
sesuai dengan namanya Go-Jek dimanfaatkan sebagai media transportasi khususnya
diwaktu macet dan disaat kesulitan mencari transportasi publik. Kelebihan pada
Go-Jek adalah pada awal pemesanan kita menentukan dimana keberadaan calon
penumpang dan mementukan tujuan, dan seketika aplikasi memberikan konfirmasi
harga yang harus dibayar oleh calon penumpang. Dengan fitur ini calon penumpang
merasa lebih efisien karena adanya transparansi harga dan tidak perlu repot
melakukan tawar menawar. Pada jasa transportasi ini penumpang mendapat hair
cover dan masker gratis.
Food Delivery
Food Delivery atau jasa pengiriman
makanan, dengan layanan ini kita bisa order makanan di restoran favorit kita
tanpa harus pergi kesana. Tinggal order lalu beritahu saja di aplikasi restoran
yang kita maksud dan menu apa saja yang ingin kita order. Bahkan didalam
layanan ini sudah ada jenis-jenis makanan yang direkomendasikan sehingga
memudahkan.
Shopping
Shopping atau jasa belanja,
pada layanan ini Go-Jek dapat membantu
untuk berbelanja di swalayan dengan detail barang-barang yang dikehendaki.
Menariknya biaya akan ditanggung terlebih dahulu oleh Go-Jek dan akan diganti
ketika sudah sampai ditempat tujuan dengan batas maksimal Rp 1.000.000.
Fitur
yang terdapat pada 4 menu utama pada layanan Go-Jek App diantaranya :
Input Data
Calon
penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan
mengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran
( cash atau memakai Credit Go-Jek).
1.1
Input
data & total biaya yang harus dibayar.
Driver On The Way
Setelah
melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat
dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat
GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat
berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon
penumpang.
1.2
Melihat
driver sudah sampai dimana melalui layanan GPS.
SMS & Call
Ketika
Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS
& Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.
1.3
SMS
atau telepon ketika driver tidak kunjung datang.
My Wallet
Fitur
ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk
penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kode
voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer
uang melalui Bank yang sudah ditentukan.
1.5
Jumlah Go-Jek Credit.
KESIMPULAN
1.
Sistem
informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Sistem
informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang
manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi
kompetetif perusahaan.
2.
Penerapan
E-Commerce pada PT. Gojek Indonesia telah terintegrasi dengan cukup baik. Hal
ini dapat dilihat melalui arsitektur aplikasi perusahaan yang memberikan
kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antar proses dan interface dari aplikasi E-Commerce, yaitu
mulai dari bagaimana konsumen memesan, proses pelayanan, sampai dengan
selesainya jasa layanan.
3.
Setiap
produk yang dihasilkan oleh manusia selalu memiliki kekurangan dan kelebihan,
pada aplikasi penerapan SIM PT. Gojek Indonesia pun demikian.
Kelebihan pada PT. Gojek Indonesia :
a. Kemudahan transaksi antar calon
konsumen dengan driver gojek secara efektif dan efisien.
b. Tidak perlu dilakukan tawar-menawar cargo.
c. Mendukung gerakan Cashless.
Kekurangan pada PT. Gojek Indonesia
:
a. Kurangnya armada ojek dibanding
dengan minat calon konsumen, sehingga membutuhkan load lama untuk mencari
driver.
b. Dikhawatirkan mematikan penghasilan
ojek konvensional.
DAFTAR PUSTAKA
·
Irmawati, Dewi. 2011.
Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis.
·
Intan, Yessy. 2011. Kajian Strategi Kompetisi dan Penerapan E-Commerce pada PT. Garuda
Indonesia.
·
Magrizal, Agung. 2012. Sistem Informasi Manajemen (Penerapan
e-ticketing dalam bidang transportasi udara).
·
www.go-jek.com
·
https://id.wikipedia.org/
·
https://lizanda.wordpress.com/2008/05/10/13/
0 komentar:
Posting Komentar