PENGERTIAN PENGENDALIAN INTERN
Pengendalian internal adalah rencana,
metoda, prosedur, dan kebijakan yang didesain oleh manajemen untuk memberi
jaminan yang memadai atas tercapainya efisiensi dan efektivitas operasional,
kehandalan pelaporan keuangan, pengamanan terhadap aset, ketaatan/kepatuhan
terhadap undang-undang, kebijakan dan peraturan lain.
TUJUAN PENGENDALIAN INTERN ADALAH MENJAMIN MANAJEMEN
PERUSAHAAN AGAR :
1. Tujuan
perusahaan yang ditetapkan akan dapat dicapai.
2. Laporan
keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat dipercaya.
3. Kegiatan
perusahaan sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
SASARAN PENGENDALIAN INTERN
1. Mendukung
operasi perusahaan yang efektif dan efisien.
2. Laporan
Keuangan yang handal/akuntabel
3. Perlindungan
asset
4. Mengecek
keakuratan dan kehandalan data akuntansi
5. Keseduaan
dengan hukum dan peraturan –peraturan yang berlaku
6. Membantu
menentukan kebijakan manajerial
KOMPONEN – KOMPONEN
PENGENDALIAN INTERN
1.
Lingkungan Pengendalian (Control Environment)
Lingkungan
pengendalian perusahaan mencakup sikap para manajemen dan karyawan terhadap
pentingnya pengendalian yang ada di organisasi tersebut. Ada beberapa komponen
dalam pengendalian lingkungan antara lain :
·
Filosofi manajemen dan gaya operasi
·
Integritas dan nilai-nilai etis
·
Komitmen terhadap kompetensi
2.
Penilaian Resiko (Risk Assesment)
Semua
organisasi memiliki resiko, dalam kondisi apapun yang namanya resiko pasti ada
dalam suatu aktivitas, baik aktivitas yang berkaitan dengan bisnis (profit dan
non profit) maupun non bisnis. Suatu resiko yang telah di identifikasi dapat di
analisis dan evaluasi sehingga dapat di perkirakan intensitas dan tindakan yang
dapat meminimalkannya. Sebuah pengendalian internal yang baik memungkinkan
penaksiran esiko yang dihadapi oleh organisasi baik ynag berasal dari dalam
meupun dari luar organisasi. Langkah-langkah dalam penaksiran resiko adalah
sebagai berikut :
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
risiko
·
Menaksir resiko yang berpengaruh cukup
signifikan
·
Menentukan tindakan yang dilakukan untuk
me-manage risiko
·
Dewan direksi dan panitia audit
·
Struktur organisasi
·
Tugas tanggung jawab dan otoritas
·
Kebijakan SDM dan Prektek
·
Pengaruh eksternal.
Sumber :
·
https://sasteralupus.wordpress.com/2009/11/04/pengendalian-intern/
0 komentar:
Posting Komentar